Selasa, 05 November 2013

Selamat Tahun Baru Islam 1435H

            Assalamualaikum Wr. Wb.

Sebelumnya Saya Alvind beserta Keluarga mengucapkan Selamat Tahun Baru Islam 1435 Hijriah

5 November 2013 Masehi sama dengan 1 Muharram 1435 H, adalah tanggalan yang menandakan bahwa baru saja islam menutup lembaran kalender tahun 1434H dan memulai lembaran kalender baru.

    1435 tahun sudah, semenjak hijarahnya Rasulullah dari mekkah menuju madinah, perjalanan panjang atas perintah ALLAH SWT demi memperluas persebaran islam dan demi kemajuan islam kala itu. Ketika perencanaan Hijrahnya Nabi Muhammad SAW terdengar sampai ke telinga kaum Quraisy mereka pun merencanakan pembunuhan atas baginda Nabi Muhammad SAW, pada kala itu semua suku ikut serta dalam rencana pembunuhan Nabi Muhammad SAW. Setiap suku diwakili oleh pemuda terkuatnya. Ketika Nabi Muhammad SAW mendengar rencana tersebut, beliau lantas meminta kepada Abu bakar agar mempersiapkan segala hal yang diperlukan, termasuk 2 ekor unta.
     Sementara Ali bin Abi Thalib diminta untuk menggantikan Nabi Muhammad SAW menempati tempat tidurnya agar kaum Quraisy mengira bahwa Nabi Muhammad SAW masih tidur. Pada malam hari yang direncanakan, di tengah malam buta Nabi Muhammad SAW keluar dari rumahnya tanpa diketahui oleh para pengepung dari kalangan kaum Quraisy. Nabi SAW menemui Abu Bakar yang telah siap menunggu. Mereka berdua keluar dari Mekah menuju sebuah Gua Tsur, kira-kira 3 mil sebelah selatan Kota Mekah. Mereka bersembunyi di gua itu selama 3 hari 3 malam menunggu keadaan aman.Pada malam ke-4, setelah usaha orang Quraisy mulai menurun karena mengira Nabi Muhammad SAW sudah sampai di Yatsrib, keluarlah Nabi Muhammad SAW dan Abu Bakar dari persembunyiannya. Pada waktu itu Abdullah bin Uraiqit yang diperintahkan oleh Abu Bakar pun tiba dengan membawa 2 ekor unta yang memang telah dipersiapkan sebelumnya. Berangkatlah Nabi Muhammad SAW bersama Abu Bakar menuju Yatsrib menyusuri pantai Laut Merah, suatu jalan yang tidak pernah ditempuh orang.

     Subhanallah, perjalan panjang Nabi Muhammad SAW yang seharusnya memberi semangat kepada kawula muda Muslim, bahwa mereka saat ini dilindungi Hukum, bahwa mereka tidak mempertaruhkan nyawa nya untuk membela islam. Tidak ada waktu bagi kita untuk menyalahkan sesama ajaran islam.
     Hijrah berasal dari bahasa arab yang “ هِجْرَة” yang artinya: pindah, menjauhi atau menghindari. Secara bahasa  "Hijrah" itu adalah Menjauhi sesuatu dengan sangat keras karena adanya ketidak setujuaan dan kebencian,
     Secara istilah (syar’i), Muhammad Ibrahim ‘Abd Rahman menjelaskan dalam buku al-Hijrah wal Muhajirun bahwa kata hijrah mengandung dua pengertian, umum dan khusus. Pengertian umumnya adalah meninggalkan sesuatu yang dilarang Allah menuju apa yang diperintahkan oleh-Nya. Makna ini sesuai dengan sabda Rasulullah SAW: “Orang yang berhijrah adalah orang yang meninggalkan apa yang dilarang Allah.” (HR Bukhari dan Muslim). 

     Pertanyaannya sekarang adalah, Sudahkah anda berHijrah? Jawabannya ada pada diri kita masing-masing.

 Sebelum menutup Ketikan kecil ini, marilah kita saling mendoakan agar kita sesegera mungkin berhijrah, karena kebaikan bukan untuk ditunda dan tidak ada kata terlambat untuk melakukan kebaikan.

Terimakasih sudah berkenan membaca ketikan kecil saya
                                                                                                                   Assalamualaikum Wr. Wb.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar